Penegasan Bupati pada Rapat Koordinasi Pencegahan Pandemi Virus Corona 19 pada Rapat Evaluasi

Senin, 23 Maret 2020, 06:10

Saya mengapresiasi teman2 semua yang begitu cepat mengambil langkah2 pencegahan COVID 19. Kalian semua luarbiasa. Mari torang terus waspada apalagi penambahan kasus2 ini di daerah2 lain semakin bertambah. sehingga perlu hari ini kita evaluasi dan perlu mengambil langkah2 selanjutnya sbb :

1. Saya instruksikan kepada seluruh Camat untuk memerintahkan kpd sangadi :

  • Menunda pelaksanaan kegiatan kemasyarakatan seperti Pesta/ Hajatan / kegiatan olahraga/ Hiburan / dikecualikan jika terjadi kedukaan. Berdasarkan maklumat Kapolri dan edaran Kemenag Utk pelaksanaan Akad maksimal 10 orang
  • Camat melaporkan kpd Bupati melalui tim gugus pencegahan COVID 19 Kab. Bolsel tentang warga masyarakat yang baru datang dan keluar Bolsel atau yang baru pulang bepergian keluar daerah untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan berdasarkan protokol kesehatan.
  • Camat memerintahkan kpd sangadi untuk menginformasikan kepada masyarakat melalui pengeras suara terkait upaya pencegahan COVID 19. Informasi dimaksud disiapkan oleh Kadis Kesehatan supaya penyampaian seragam.
  • Camat melalui sangadi menghimbau masyarakat untuk MENUNDA Perjalanan ke daerah yang endemik COVID 19.

2. Saya menginstruksikan kepada tim gugus pencegahan COVID 19 untuk :

  • Melakukan penyemprotan disinfektan serempak oleh tim gabungan di semua fasilitas umum ( Pasar, Pertokoan, tempat ibadah ) dan dan fasilitas pemerintah ( Kantor Camat, Polsek, Koramil, PKM, Pustu, sekolah ) pada tanggal 24 Maret 2020 jam 07.30 wita
  • Tim dibagi 7 tim yang dipimpin Camat dan Kapolsek serta Danramil dibantu oleh personil yang ada dan tenaga PKM serta sangadi.
  • Hari ini saya minta Kadis Kesehatan untuk membagi Alat semprot dan disinfektan kpd 7 tim dimaksud
  • Untuk perlintasan masuk ke wilayah Bolsel akan ditempatkan tim yang terdiri dari (Unsur Polri dan TNI, Dinas perhubungan, Satpol PP dan Tenaga Medis) untuk memeriksa kendaraan yang keluar dan masuk wilayah bolsel
  • Untuk titik pemeriksaan yaitu
    • Didepan RSUD bagi kendaraan yang masuk dari arah dumoga
    • Dipertigaan memasuki Desa Posilagon bagi kendaraan dari arah boltim
    • Di desa Adow untuk kendaraan yang masuk Dari arah Matali bakan
    • Di desa Molosipat untuk kendaraan yang masuk dari gorontalo
    • Pelabuhan Torosik dan Dodepo

Tim ini akan bekerja sampai dengan tanggal 31 Maret 2020 dan melaporkan setiap saat di Grup WA Gugus Pencegahan COVID 19.

3. Bagi pimpinan OPD saya instruksikan mulai besok untuk menyiapkan handsanitizer di setiap pintu masuk kantor dan sekolah, RSUD, PKM dan melaporkan melalui grup WA Pemkab.

4. Mulai senin 23 maret 2020 hari ini saya bersama wakil bupati akan menerapkan sistem “Bekerja dari rumah ” / “Work From Home” bagi ASN sesuai edaran yang sudah saya tandatangani. Dikecualikan bagi OPD yang melaksanakan fungsi pelayanan seperti Badan Keuangan, Perizinan, Pelayanan Administrasi kependudukan, Kesehatan, RSUD, PKM, Pustu

5. Kebijakan kerja dari rumah berlaku sampai tanggal 31 Maret 2020.

6. Kadis pendidikan untuk memantau setiap altifitas guru dalam pendampingan anak2 didik yang melaksanakan belajar di rumah.

7. Kadis Perindag untuk turun langsung memantau, mengecek setiap harga bahan pokok yang ada di wilayah bolsel dan menginformasikan setiap harinya kepada saya melalui grup pemkab termasuk laporkan jika ada upaya2 penimbunan bahan pokok dan kenaikan harga.

8. Kadis Pertanian menyiapkan cadangan beras pemerintah dan melaporkan kpd saya dan wakil bupati agar bisa diambil langkah2 strategis apabila dikemudian hari terdapat lonjakan harga yang sangat tinggi. Termasuk dinas sosial

9. Kadis kesehatan dan RSUD terus memantau dan melaporkan terutama terkait kesiapan tenaga medis, obat2an, APD.

10. Bagi ASN yang saat ini masih dalam proses ODP untuk mematuhi protokol kesehatan, selalu memeriksakan diri, melaksanakan aktifitas dirumah karna ini adalah bagian dari pencegahan.

11. Kegiatan PISB pada jumat 27 Maret 2020 dilaksanakan dirumah masing2.

12. Pelaksanaan ibadah disesuaikan dengan penyampaian pimpinan masing2 agama. 13. Dinas pariwisata memantau dan mengedarkan surat utk penutupan tempat2 wisata.

14. Kekurangan terkait anggaran. TAPD utk segera hari ini melaksanakan rapat dgn dinas terkait dan melakukan realokasi anggaran utk mendukung pencegahan COVID 19.

15. Saya mengajak mari torang samua mencegah COVID 19 dimulai dari diri kita sendiri, keluarga, tetangga, lingkungan kerja, komunitas, dan masyarakat serta selalu BERDOA agar apa yang kita lakukan selalu diBERKAHi oleh Tuhan YME, Allah SWT.